MENGENAL SPRAY PAINT


Kita tentunya sudah akrab dengan spray paint. Ini adalah “senjata” utama para pengrajin graffiti. Namun apa kita sudah benar-benar kenal dengan alat yang satu ini? Kalau sudah berarti bagus, kalau belum, ga ada salahnya untuk kenal lebih dekat lagi. Berikut adalah bagian-bagian dari spray paint.

Cap: ini adalah bagian yang kita tekan untuk dapat menyemprotkan cat. Cap banyak macamnya dan dapat diganti-ganti untuk mendapatkan ketebalan dan kepekanan garis yang diinginkan. Cap bukan tutup plastik besar yang mengunci bagian atas kaleng cat saat tidak dipakai. Kalau bagian itu namanya adalah ”Top”.

Ring: Kalau brand spray paint lokal seperti Pylox mungkin tidak memiliki bagian ini. Namun ring bisa ditemukan pada spray paint Montana dan Belton Molotow. Letaknya tepat di bagian bawah top saat kaleng dalam keadaan tertutup. Warnanya selalu sama dengan warna cat yang berada dalam kaleng. Fungsinya sebagai indikator warna cat untuk memudahkan kita mengetahui warna yang dihasilkan sebuah kaleng.

Valve: Adalah klep yang terbuka saat kita menekan cap, sehingga propellant / aerosol menekan cat ke luar kaleng.

Propellant: Atau kita kenal juga dengan aerosol adalah gas bertekanan tinggi yang membuat cat dapat menyemprot keras. Makin banyak kandungan aerosol adlam kaleng, makin keras semprotannya.

Base: Cairan utama yang akan dicampur dengan zat pewarna. Cairan ini yang akan membuat cat menempel pada permukaan dinding setelah disemprotkan. Base bisa berupa air, minyak, latex, alkohol, atu cairan apa saja. Kebanyakan spray paint mengandung base minyak atau latex. Spray paint yang menggunakan base air sangat bersahabat bagi lingkungan, namun sangat rentan meluber dan cenderung kurang menempel pada dinding.

Pigment: zat pewarna utama. Bentuknya bubuknamun mengental setelah tercampur dengan base.

Pea: Istilah yang digunakan untuk bola logam yang turut dimasukkan ke dalam kaleng. Kita bisa mendengarnya bergerak saat mengocok kaleng car. Fungsinya adalah untuk mengaduk base dan pigmen agar lebih tercampur. Pea bisa berjumlah satu, dua, atau empat tergantung merek spray paint-nya.

artikel ini hasil copy paste dari berbagai sumber

20 thoughts on “MENGENAL SPRAY PAINT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s